Wednesday, January 06, 2010

Kebebasan berpendapat di salah satu forum terbesar di Indonesia

gue lagi prihatin sama keadaan salah satu forum terbesar di Indonesia akhir-akhir ini. terutamanya di salah satu sub-forumnya yang sekarang jadi lahan buat mengungkapkan semua hal, termasuk kehidupan dan masalah pribadi bahkan menjelek-jelekkan orang lain yang tidak sependapat atau sealiran dengan mereka.

contoh kasusnya saat ada seorang anggota forum tersebut menghina orang lain yang menurutnya tidak sealiran dengan dirinya karena si orang lain ini *menurut si pembuat thread* adalah alay. semuanya sebenarnya wajar saja, karena memang fenomena alay ini tidak disukai oleh sebagian besar anggota forum tersebut. well, it's up to them. tapi apa yang sangat disayangkan adalah cara mereka bersikap tidak suka adalah dengan menghina dan, lebih parahnya lagi, mempermalukan orang yang menurut mereka alay.

buat gue apa yang dilakukan oleh oknum dari forum tersebut sangatlah melanggar batas-batas kebebasan berekspresi. memang kebebasan berekspresi dan mengeluarkan pendapat dijamin oleh negara, apalagi di dunia maya ini kayaknya batasan-batasan kebebasan ini bener-bener abu-abu. namun, jika kita menyampaikan pendapat sampai kepada tahap MENGHINA, MEMPERMALUKAN atau MELECEHKAN itu sudah di luar batas bung.

kenapa gue berani bilang begitu? tanpa bermaksud sombong, gue belajar komunikasi sebagai keilmuan semasa kuliah. dan ya adalah ilmu-ilmu yang gue dapet, dan salah satunya adalah kebebasan berekspresi dan mengeluarkan pendapat itu tidak tanpa batas. artinya ada norma-norma dan aturan yang mengatur dan menjaga supaya semua tetap pada batasan normal. karena kebebasan satu orang yang kebabalasan dapat berakibat kepada melanggar kebebasan orang lain. dalam hal ini, oknum dari forum tersebut telah MELANGGAR hak berekspresi orang yang dia sebut alay tersebut. apalagi si oknum sampai mempermalukan, kalau yang dipermalukan tidak terima sebenarnya si oknum dapat dijerat pasal perbuatan tidak menyenangkan. *nah loh*

well, inti dari postingan ini sebenernya adalah agar kita mengontrol diri dalam melakukan sesuatu, tidak terkecuali dalam hal mengeluarkan pendapat. karena kita semua harus ingat bahwa semua itu ada batasnya, termasuk kebebasan. gue sendiri kadang masih suka khilaf dengan hal-hal seperti ini. tapi seenggaknya tulisan ini jadi pengingat bagi kita semua dan diri gue pribadi. terima kasih.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home